Tips Edit Suara Video Untuk Hasil yang Lebih Baik

Tips Edit Suara Video Untuk Hasil yang Lebih Baik

Proses edit suara video merupakan salah satu bagian yang bisa dikatakan cukup penting dalam usaha menghasilkan video yang bagus dan menarik untuk ditonton. Biar bagaimanapun, suara tentu akan cukup berpengaruh pada hasil dari video yang dibuat. Dengan suara yang pas, maka video yang dibuat akan memiliki kesan yang lebih dalam.

Berbincang tentang mengedit suara pada video, Anda akan menemukan bahwa ada cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan proses editing tersebut. Adanya banyak pilihan aplikasi tersebut tentu saja akan membuat Anda cenderung lebih leluasa untuk memilih mana aplikasi yang tepat untuk digunakan.

Namun, tentu, Anda juga harus tahu tips untuk melakukan proses edit suara video tersebut. Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa tips yang bisa dikatakan cukup berpengaruh pada proses editing yang Anda lakukan. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Tips Edit Suara Video Dengan Aplikasi

Ada beberapa tips yang cukup penting untuk diketahui perihal melakukan editing pada video. Beberapa tips yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan video dalam kualitas yang bagus

Hal paling pertama yang harus dilakukan untuk mengedit suara pada video agar hasil video lebih detail dan dramatis adalah kualitas dari video itu sendiri. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa video yang akan diedit memiliki kualitas yang cenderung bagus dan maksimal.

Kualitas video tersebut bisa dinilai dari bagaimana resolusi dari video tersebut. Tentu saja, video yang baik akan memiliki resolusi yang baik pula sehingga tidak akan pecah. Selain itu, suara dari video tentu saja harus jernih.

Teknik pengambilan video menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Jika diperlukan, Anda bisa saja menggunakan tambahan mikrofon saat pengambilan video untuk memastikan suara yang masuk cenderung jernih.

  • Menggunakan efek seperlunya

Menambahkan efek adalah salah satu ide yang paling banyak dilakukan pada saat proses edit suara video. Tidak dimungkiri memang bahwa efek dari suara video tersebut akan menambah kesan dramatis dari video yang akan dihasilkan. Dengan efek yang tepat, maka detail video akan cenderung lebih menarik.

Namun, untuk menggunakan efek, tentu saja Anda harus bijak. Gunakan efek seperlunya saja dan jangan terlalu banyak. Terlalu banyak efek suara hanya akan membuat video terlihat kurang natural dan tentu saja menjadi kurang menarik untuk dilihat.

  • Masukkan musik untuk pemanis

Tidak ada salahnya jika Anda memasukkan musik sebagai pemanis dalam video tersebut. Ya, dengan menambahkan musik, maka akan ada kesan berbeda yang tentu saja akan Anda dapatkan.

Ada cukup banyak jenis musik yang bisa digunakan dalam proses edit suara video sebagaimana yang Anda inginkan. Namun, sebagaimana poin efek sebelumnya, Anda pun harus cermat untuk memilih musik yang cocok untuk digunakan dan pastikan Anda tidak memasukkan musik terlalu banyak dalam video tersebut.

  • Gunakan noise filter

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan pada saat hendak mengedit suara dalam video adalah menggunakan noise filter. Seperti namanya, noise filter adalah alat bantu yang tentu sangat penting untuk mengurangi suara ribut yang terekam dalam video. Meskipun video diambil di ruangan yang sunyi, terkadang noise masih tetap hadir.

Noise filter bisa ditemukan di berbagai aplikasi edit video. Anda tentu disarankan menggunakan fitur ini untuk menghasilkan video yang lebih bagus lagi.

Nah, beberapa hal di atas adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk edit suara video. Dengan beberapa tips di atas, melakukan editing suara video tentu lebih mudah.