Selalu Pusing Menu Sarapan? Berikut Tips Mudah Menyiapkan Sarapan

Selalu Pusing Menu Sarapan? Berikut Tips Mudah Menyiapkan Sarapan

Sarapan merupakan kegiatan konsumsi makanan sebelum memulai hari. Beberapa orang akan mengkonsumsi makanan berat untuk sarapan, beberapa lainnya mengonsumsi makanan sehat terbilang ringan hingga ada pula yang melewatkannya. Bagi para ibu, menyajikan menu sarapan merupakan kegiatan yang penting dan wajib dalam menjaga kesehatan anda serta menyiapkan anak untuk siap menghadapi hari.

Sarapan sendiri cukup penting terutama ketika isi rumah tidak hanya orang dewasa saja melainkan juga anak kecil yang siap menghadapi hari bersekolah. Tetapi kendala dalam menyiapkan menu sarapan pagi adalah pusingnya menyiapkan menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak di pagi hari dengan cepat. Terkadang anak malah sarapan seadanya saja yang menyebabkan nutrisi yang diserapnya kurang bervariasi.

Jadi, bagaimana menyiapkan menu sarapan pagi anak yang cepat namun padat nutrisi? Nah, dalam menyiapkan menu makanan anak tersebut ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan. Berikut ini merupakan saran pembuatan menu sarapan pagi untuk anak dan keluarga yang cepat dan padat nutrisi :

  1. Mempersiapkan menu sarapan pagi keluarga seminggu ke depannya

Kegiatan menyiapkan menu makanan seminggu kedepannya membantu anda dalam meredakan pusing memikirkan menu. Anda bisa luangkan waktu anda dalam menyiapkan menu makanan seminggu kedepannya jadi anda tinggal memasak saja menu makanan setiap harinya.

  1. Mempertimbangkan menu makan gizi seimbang dalam menu makanan seperti variasi karbohidrat, sayur, lauk, buah hingga konsumsi susu

Dalam menyiapkan menu makanan, ada baiknya menu makanan mempertimbangkan asupan nutrisi tubuh. Ada baiknya combine kebutuhan karbo, sayur, lauk serta buah dalam menu makanan harian yang dikonsumsi anak dan anggota keluarga lainnya.

  1. Melakukan belanja mingguan

Bila anda sudah mempertimbangkan menu yang akan dieksekusi mingguan, anda bisa langsung melakukan belanja mingguan untuk ragam kebutuhan memasak anda. Kegiatan ini akan mempercepat eksekusi masakan anda dan tidak bikin ribet. Bila ingin menggunakan bahan makanan segar, anda dapat pesan ke tukang sayur langganan anda atau beli daging dan sayur yang disediakan supermarket.

  1. Mempersiapkan menu sarapan pagi yang cepat sebagai menu cadangan

Ada kalanya anda kesiangan ataupun tetiba anda tidak dapat memasak untuk keluarga anda. Nah, menu sarapan pagi cadangan cepat saji seperti sereal, oatmeal maupun setangkup roti dapat menjadi menu sarapan cepat andalan ketika tidak memiliki banyak waktu menyiapkan sarapan.

  1. Menyiapkan menu kesukaan keluarga dalam satu hari di menu makanan seminggu tersebut

Kunci penting dalam menyiapkan menu makanan keluarga adalah menyelipkan menu makanan yang disukai anggota keluarga dalam hari tertentu seminggu tersebut. Nah, kegiatan ini mampu menunjang minat makan keluarga anda. Sehingga akan memberikan nutrisi yang diinginkan dan dibutuhkan keluarga anda dengan baik. Jadi penting untuk mengkombinasikan kelima jenis kebutuhan diatas.