Selain untuk Seduh Kopi, Ini 3 Kegunaan French Press

Kegunaan French Press

Bagi Anda penikmat kopi yang suka membuat kopi sendiri, tentu tidak asing dengan alat pembuat kopi manual French Press. Alat ini merupakan salah satu alat pembuat kopi manual yang diminati oleh para pembuat kopi rumahan, juga sering digunakan oleh para barista di kedai kopi.

Alat satu ini sangat mudah digunakan, bahkan pemula sekalipun bisa memakainya dengan mudah. Kebanyakan orang menggunakannya untuk membuat kopi, tapi ternyata kegunaannya bukan hanya sebagai alat seduh kopi saja.

Kegunaan French Press Bagi Penikmat Kopi

Alat yang termasuk dalam grup manual brew ini memiliki keunikan dan kesederhanaan. Jika alat lain menggunakan filter kertas atau able kone. Maka, alat yang satu ini tidak. Namun, hasilnya tetap sangat maksimal. Tidak melulu sebagai alat pembuat kopi, tapi juga bisa digunakan untuk:

1.     Alat Penyeduh Teh

Jadi, selain bisa digunakan untuk membuat secangkir kopi nikmat untuk diri sendiri atau orang tersayang, Anda juga bisa menggunakan alat manual brew ini untuk membuat teh. Cara penggunaannya sama saja seperti ketika membuat kopi, yaitu dengan memasukkan daun teh ke dalam wadahnya, tambahkan air panas, dan diamkan beberapa saat.

Setelah beberapa menit tekan plungernya untuk mendapatkan teh nikmat kesukaan Anda. Lalu tinggal tambahkan gula, susu, madu, atau tambahan lainnya. Kemudian nikmati segelas teh nikmat kapanpun Anda menginginkannya.

2.     Membuat Cold Brew

Mungkin Anda berpikir untuk menikmati cold brew harus datang ke coffee shop atau memiliki alat pembuatnya. Namun, sebenarnya tidak perlu serepot itu. Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan French press.

Caranya simpel sekali, siapkan kopi yang sudah digiling dan air bersuhu ruangan. Lalu masukkan keduanya dengan perbandingan 1:10 (kopi:air). Setelahnya, aduk beberapa kali dan tutup. Masukkan ke lemari es dan diamkan selama 9-12 jam tanpa menekan plungernya. Saat hendak menikmati cold brew barulah tekan plungernya.

3.     Membuat Busa Susu

Ingin menikmati secangkir latte dengan busa susu yang tebal, maka Anda juga bisa menggunakan alat manual brew satu ini. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Pertama, siapkan kopi hitam seperti biasa Anda membuatnya. Lalu siapkan susu dan panaskan, tapi tidak perlu sampai mendidih. Langkah berikutnya, masukkan susu dan kocok hingga berbusa. Tekan plunger hingga bagian tengah dan Anda akan mendapatkan busa susu yang sempurna.

Jadi, jangan hanya gunakan untuk membuat kopi saja. Anda bisa memanfaatkan alat bantu membuat kopi manual ini untuk berbagai fungsi lainnya. Bahkan bisa digunakan untuk menyeduh teh juga. Untuk Anda yang ingin membuat kopi nikmat sendiri atau membuat seduhan busa susu melimpah, maka wajib punya satu French press di rumah.