Powerbank Original Atau Palsu, Inilah Cara Membedakannya!

Powerbank Original Atau Palsu, Inilah Cara Membedakannya!

Sudah kenalkah para pembaca semuanya dengan barang yang disebut sebagai power bank? Power bank terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu power dan bank.

Power artinya daya, kekuatan. Sedangkan bank adalah tempat menyimpan sesuatu yang berharga. Power bank dapat didefinisikan sebagai suatu tempat menyimpan daya.

Dalam kehidupan modern sekarang ini, power bank bukanlah hal yang terlalu istimewa lagi. Artinya, barang ini sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat luas. Karena power bank memiliki fungsi yang sangat vital khususnya bagi para pengguna ponsel pintar (smartphone).

Power Bank Asli Atau Palsu, Bagaimana Cara Membedakannya?

Barang elektronik seperti power bank wajar saja jika harganya mahal bagi sebagian orang. Perbedaan harga dari sebuah power bank bisa disebabkan menurut berbagai hal berikut ini :

  1. Merk power bank

Semakin terkenal merk dari power bank, maka akan semakin mahal pula harga yang dipatok. Perusahaan papan atas seperti Samsung, Xiaomi, dan berbagai perusahaan lainnya cenderung memiliki harga yang mahal untuk produk originalnya.

  1. Kapasitas power bank

Harga dari sebuah power bank original juga tergantung dari kapasitasnya. Harga power bank berkapasitas 5000 mAh dengan 20000 mAh pastilah berbeda. Power bank dengan kapasitas 20000 mAh akan memiliki harga yang lebih mahal.

  1. Fitur dari power bank

Walaupun pada umumnya power bank memiliki bentuk kotak atau persegi panjang, namun fitur dari tiap produk tersebut berbeda. Ada power bank yang memiliki layar indikator, ada yang memiliki sirkuit proteksi keamanan, dan lain-lain. Semakin beragam fitur dari sebuah power bank, maka akan semakin tinggi pula harganya.

  1. Arus power bank

Selain dari segi kapasitas, arus dari power bank juga akan menentukan tinggi rendahnya harga. Power bank dengan arus 2A dan mendukung adanya fast charging pasti akan memiliki harga lebih tinggi daripada power bank biasa.

Oleh karena itu, untuk memilih sebuah power bank tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui power bank tesebut original atau tidak sebelum membelinya. Berikut ini cara membedakan power bank original dengan yang palsu.

  1. Perhatikanlah bentuk power bank

Power bank original dengan yang non-original pastilah memiliki perbedaan. Bisa dari segi bentuk, ukuran, ketajaman, warna, dan lain sebagainya. Anda bisa mencari detail spesfikasi power bank yang asli melalui website resmi atau review dari pihak ketiga yang terpercaya.

  1. Perhatikan bobot dari power bank

Power bank original dengan kapasitas yang besar pada umumnya akan terasa berat. Apabila power bank yang akan anda beli sudah jelas memiliki kapasitas besar namun tidak terlalu berat, maka produk tersebut patut untuk anda ragukan. Biasanya, power bank dengan kapasitas 10000mAh akan memiliki bobot sekitar 200 gram, sedangkan 20000mAh sekitar 500 gram. Jika kurang jauh dari itu, bisa dipastikan power bank tersebut palsu.

  1. Perhatikan bagian logo power bank

Sebuah power bank yang original pastinya memiliki logo perusahaan yang asli. Perusahaan pun tidak akan sembarangan membuat logo tersebut. Memang logo bisa saja dipalsukan, namun pastinya ada berbagai perbedaan antara yang asli dengan yang palsu.

Misalnya untuk power bank original SAMSUNG, maka huruf A yang ada pada logo tersebut tidak mmeiliki garis horizontal di antara kedua kakinya. Anda bisa mencari perbedaan logo yang asli dengan yang dipalsukan melalui portal internet.

Banyak orang terburu-buru jika ingin membeli sebuah barang elektronik seperti power bank. Padahal sangat penting memastikan power bank yang kita beli original atau tidak. Dengan tips di atas, kami harap anda tidak terjebak dengan barang yang telah dipalsukan. Selamat berbelanja!