Oli Mobil Rembes, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Oli Mobil Rembes, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah oli pada mobil bisa dikatakan sederhana namun jika diabaikan akan fatal akibatnya. Kondisi terburuk ketika oli tidak lagi diperhatikan kualitasnya, kemudian volumenya adalah turun mesin dan ini banyak sekali kasus yang terjadi.

Oleh karena itu, jika anda tinggal di daerah terpencil misalkan segera cari informasi dimana bengkel ganti oli berada setelah anda memutuskan membeli mobil baru atau bekas, tanyakan juga nomer kontaknya siapa tahu bisa anda panggil ke rumah sehingga lebih efiesien.

Sama seperti manusia, mobil juga harus dirawat dengan baik. Komponen dalam mesin yang sangat banyak itu sebenarnya ada beberapa saja yang harus anda perhatikan lebih salah satunya bagian oli ini.

Rutin melakukan ganti oli mesin sesuai panduan pada buku servis wajib anda lakukan untuk pembelian mobil baru. Sedangkan mobil bekas anda bisa berpatokan pada pedometer dan pengecekan secara manual baik dari warna oli sampai dengan gejala-gejala yang menandakan oli sudah segera di ganti.

Artikel ini akan fokus mengulas masalah rembesnya oli yang perlu anda jadikan sebagai sumber refrensi sederhana agar anda selalu tetap waspada dalam merawat mobil kesayangan anda.

Perhatikan beberapa gejala dibawah ini, jika salah satunya anda temukan segera ambil tindakan!

  1. Rembesan akan muncul pada semua bagian

Masalah yang pertama ini bisa diktakan sudah parah, kondisi rembesnya oli pada bagian bawah, kemudian kanan depan mesin menandakan kondisi serius adanya kerusakan.

Kebanyakan ketika titik rembesnya ini lebih dari satu, kami sarankan coba anda lakukan pengecekan pada bagian sela kompresornya pasti ada kebocoran pada bagian tersebut.

Selain itu, perlu anda curigai juga bagian lain misalkan komponen seal oil pump bisa jadi bocor juga apalagi oli yang keluar warnanya hitam pekat maka tugas anda sudah doble, ganti oli dan mengganti komponen yang bocor tadi.

Jika adan biarkan saja memang mobil anda masih bisa jalan normal, namun kalau kelamaan maka akan menyebabkan komponen lain ikut rusak juga yang paling dekat adalah rusaknya bagian timing belt bahkan sampai kondisi overheating bisa saja terjadi.

  1. Adanya rembesan pada bagian tengah saja

Ini juga bisa anda cek ketika mobil dalam posisi diam. Adanya oli yang menetes tepat pada bagian tengah yang posisinya kurang lebih berdekatan dengan posisi radiator.

Penyebabnya hanya satu yakni bocornya seal crankshaft. Dari sisi warna oli memang masih terlihat bagus, namun tetap saja tindakan cepat priksa ke bengkel harus anda lakukan jangan dibiarkan begitu saja.

  1. Rembesan berasal dari oli transmisi

Ini biasanya bisa anda cek dari titik lokasi rembesan berasal. Biasanya akan terjatuh oli dari bagian pas belakang mesin mobil anda, penyebabnya hampir sama dengan nomer dua adanya kebocoran pada komponen seal crankshaft.

Anda tentu saja bisa membedakanya dengan mudah, kira-kira yang bocor oli mesin atau transmisinya. Perhatikan bentuk oli yang netes jika kental sumbernya adalah dari oli transmisi dan kalau encer jelas sudah dari oli mesinya yang bocor.

Perbaiknya sama saja anda tidak bisa melakukan secara manual, harus ke bengkel yang memiliki perlatan lengkap.

  1. Posisi rembesan berada pada bagain ban

Posisi rembesan memang akan memberikan kita jawaban sementara komponen mana yang rusak. Sama saja ketika tetesan oli jatuh tepat pada bagian antara ban belakang mobil anda.

Biasanya kalau disini lokasinya kerusakan terjadi pada komponen seal. Solusi satu satunya anda harus ganti seal yang baru.

  1. Rembesan pada bagian belakang posisinya dekat dengan wheel drive

Sudah jelas jawabanya komponen yang rusak adalah bagian whell drivenya tidak usah anda tanyakan lagi masalah ini. Rembesan yang netes pada bagian ini lebih berbahaya jika tidak anda tangai dari rembesan pada bagian lainya karena kalau dibiarkan saja akan cepat sekali berdampak pada rusaknya bagian inti mesin.

  1. Tetesan oli tepat pada seal roda belakang

Anda akan mudah mendeteksi kebocoran ini, sebelum anda menjalankan mobil anda cek saja bagian roda belakangnya apakah ada bekas tetesan oli disana, jika ada jelas ini harus segera anda atasi.

Jika tidak, kemanan dalam berkendara akan terancam karena ban mobil anda akan rusak dan sangat licin.

Itu dia beberapa penyebab oli rembes dan lokasinya terkadang ada juga rembesan pada bagian ujung kenalpot yang tanpa anda sadari, langkah terbaik tentu saja cuman satu rajin cek kondisi mobil anda secara berkala.