Membuat Udang Goreng Kipas, Makanan Simple untuk Bekal Kerja

Membuat Udang Goreng Kipas, Makanan Simple untuk Bekal Kerja

Makanan simple untuk bekal kerja akan dipikirkan oleh para bunda yang suaminya tak sempat makan di rumah. Atau, bunda adalah seorang menjadi wanita karir sehingga saking diburu waktu, bunda sampai tak sempat untuk mencicipi masakan rumah. Biasanya, menu tersebut akan dimasak pada pagi hari. Agar tak memakan banyak waktu, akhirnya menu yang dipilih adalah menu yang sederhana tetapi memiliki kandungan gizi yang tinggi. Salah satunya yang bisa dijadikan sebagai menu andalan adalah udang. Siapa sih yang tak suka udang? Makanan laut yang satu ini selain memiliki cita rasa yang enak, juga bisa dibuat sebagai bahan dasar berbagai macam olahan, salah satunya udang goreng bentuk kipas.

Menjadi seorang bunda tentunya tak hanya menu untuk bekal saja yang mesti dipersiapkan. Mereka juga wajib memikirkan menu makanan untuk keluarga yang ada di rumah. Agar bunda dapat menghemat waktu pagi, alangkah baiknya bunda menyamakan antara menu bekal kerja dengan menu untuk anggota keluarga yang di rumah. Misalnya, ketika bunda ingin membuat udang goreng kipas, bunda bisa membuat udang goreng tersebut dengan porsi yang lebih banyak. Inilah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat udang goreng kipas untuk porsi 3 orang.

Bahan untuk Menu Bekal Kerja Udang Goreng Kipas

Ketika bunda ingin membuat masakan simple untuk bekal kerja, udang goreng bentuk kipas, pastinya bahan utama yang bunda butuhkan adalah udang. Bunda bisa memilih udang yang ukurannya agak besar sebanyak 10 ekor. Kemudian, bunda juga membutuhkan bahan pendukung lainnya agar cita rasa udang bisa menggugah selera, seperti 100 gram tepung terigu, 2 siung bawang putih, 2 buah telur, merica bubuk secukupnya, 50 gram tepung panir, 1 sendok makan minyak goreng dan bunda juga bisa menambahkan 1,5 sendok teh maggi magic lezat sebagai penambah rasa.  Bahan-bahan simple tersebut tentunya bisa bunda dapatkan di pasar atau swalayan terdekat.

Cara Membuat Menu Bekal Kerja Udang Goreng Kipas

Hal pertama yang mesti bunda lakukan ketika ingin membuat udang goreng bentuk kipas adalah membersihkan udang terlebih dahulu. Mulai dari membuang kulit dan kepala udang serta membersihkan kotoran yang masih menempel pada udang. Langkah kedua adalah menghaluskan bawang putih yang sudah ditambah dengan maggi magic lezat dan merica serta mencampurkan ketiga bahan tersebut. Gunakan untuk melumuri udang yang sudah dibersihkan. Selanjutnya, bunda bisa memasukkan udang ke dalam tepung terigu, mencelupkan ke telur dan membaluri udang dengan tepung panir.

Apabila bunda masih memiliki banyak waktu, bunda bisa memasukkan udang yang sudah dibaluri tepung panir ke dalam kulkas dengan tujuan agar tepung benar benar menyatu dengan udang. Bunda bisa menunggunya sampai 30 menit. Tetapi, jika bunda diburu waktu, bunda bisa saja langsung menggoreng udang tersebut. Bunda hanya perlu menyiapkan minyak, tunggu sampai minyak benar benar siap dan bunda bisa menggoreng udang sampai habis. Udang goreng bentuk kipas siap disajikan sebagai makanan simple untuk bekal kerja. Mudah bukan?