Macam-macam Penyakit Pada Kulit dan Gejalanya

Macam-macam Penyakit Pada Kulit dan Gejalanya

Tubuh manusia memiliki perlindungan tersendiri yang diciptakan Tuhan untuk menghalangi benda asing agar tidak mudah masuk. Salah satunya adalah kulit yang merupakan organ paling besar dan luas di bagian terluar tubuh. Kulit disebut organ karena juga memiliki jaringan dan fungsinya sendiri. Kulit mampu melindungi tubuh dari masuknya benda asing sekecil apapun asalkan kulit dalam kondisi baik dan sehat. Sayangnya kondisi kekebalan tubuh manusia dan kebersihan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit sehingga bagi orang yang sedang memiliki kondisi drop serta kurang menjaga kebersihan kulit akan mudah terkena penyakit. Apa saja sih penyakit pada kulit dan bagaimana gejalanya? Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kulit yang sering diderita masyarakat sebagai tambahan wawasan untuk Anda:

  • Eksim.

Eksim memiliki gejala khas berupa gatal dan kulit kemerahan. Namun pada eksim, kulit tidak mengalami pembengkakan atau benjolan melainkan penebalan. Beberapa jenis eksim juga memunculkan benjolan kecil dengan cairan di dalamnya. Eksim dapat disebabkan karena faktor genetis juga karena kekebalan tubuh yang kurang fit.

  • Jerawat.

Jenis penyakit kulit ini sering diderita oleh pria maupun wanita di masa puber. Kondisi ini dipengaruhi oleh siklus hormonal terutama bagi wanita. Selain itu kelebihan produksi kelenjar keringat juga memicu timbulnya jerawat. Gejala jerawat antara lain timbul benjolan kecil yang dapat membesar disertai dengan rasa gatal, merah dan bernanah. Jika Anda memiliki jerawat, rajinlah membersihkan muka secara rutin setiap hari dan jangan memencet jerawat karena akan membuatnya semakin merah dan membesar.

  • Kudis.

Kudis merupakan penyakit yang disebabkan karena tungau sama seperti penyakit kudis atau scabies pada hewan. Penyakit ini mudah menular melalui kontak fisik secara langsung atau melalui pakaian dan handuk yang dikenakan bersama. Untuk mengobati kudis, Anda bisa menggunakan salep yang dioleskan di seluruh tubuh tanpa ada bagian yang ditinggalkan.

  • Bisul.

Bisul kerap muncul di bagian tubuh yang lembab misalnya di pantat, leher dan ketiak. Penyakit ini muncul akibat infeksi kuman staphilococus aureus yang melewati folikel rambut. Gejala bisul adalah timbulnya benjolan cukup besar dengan rasa panas dan nyeri. Kondisi ini bisa diperparah jika penderita tidak menerapkan hidup bersih di area bisul.

  • Herpes.

Herpes merupakan penyakit kulit yang mudah timbul pada siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Gejalanya antara lain timbulnya bintik-bintik kecil dengan rasa panas dan gatal. Herpes menjadi tanda tubuh mengalami penurunan stamina sehingga mengkonsumsi buah dan vitamin dapat Anda lakukan agar herpes lebih cepat disembuhkan.

  • Melanoma.

Merupakan salah satu jenis kanker yang muncul di kulit. Kanker jenis ini merupakan kanker ganas yang sangat berbahaya. Kanker melanoma dapat menimbulkan gejala adanya tahi lalat tiba-tiba dan semakin membesar disertai peradangan. Jenis kanker ini mudah menyebar terutama karena kulit sendiri merupakan jaringan yang luas di seluruh tubuh manusia.

Itulah beberapa penyakit pada kulit beserta gejalanya. Agar Anda dan keluarga tidak memiliki masalah kesehatan pada bagian kulit, sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh terutama setelah beraktivitas. Jangan lupa bersihkan wajah sebelum tidur, mandi dua kali sehari dan menguatkan sistem imun tubuh dengan mengkonsumsi buah serta rajin berolahraga. Jika muncul gejala penyakit seperti di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis kulit untuk cara penanganan yang lebih tepat dan cepat.