Ketahui Gejala, Penyebab Perut Kembung, dan Cara Mencegahnya

Penyebab Perut Kembung

Anda mungkin kerap mengalami kondisi perut kembung. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan perut yang terasa mual, penuh, dan merasa ingin buang angin. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai perut kembung berupa gejala, penyebab perut kembung, dan cara agar tidak mengalami perut kembung.

Gejala Perut Kembung

Anda juga perlu memahami mengenai gejala perut kembung agar bisa melakukan penanganan. Beberapa gejala perut kembung antara lain terasa begah, sesak, perut terasa penuh, nyeri perut, perut kram, perut bergemuruh, sering buang angin, sering bersendawa, dan perut terlihat membesar.

Penyebab Perut Kembung yang Harus Anda Tahu

  1. Kesulitan buang air besar

Konstipasi atau biasa dikenal dengan istilah sembelit merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan dalam mengeluarkan feses atau buang air besar. Gangguan ini bisa memicu perut kembung.

  1. Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung atau dalam bahasa inggris biasa disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa menjadi salah satu penyebab perut kembung. GERD menyerang organ lambung dan dipicu oleh berlebihnya produksi asam lambung dan fungsi katup kerongkongan bawah yang menurun. Akibatnya, asam lambung menjadi naik ke kerongkongan.

  1. Intoleransi Laktosa

Penyebab selanjutnya yang bisa memicu perut kembung adalah intoleransi laktosa. Peristiwa ini terjadi ketika sistem pencernaan kesulitan dalam mencerna makanan yang mengandung laktosa. Penyebab seseorang mengalami intoleransi laktosa adalah tidak bisanya tubuh memproduksi enzim laktosa. Intoleransi laktosa ini adalah penyebab yang paling sering dialami oleh orang-orang.

  1. Beberapa jenis makanan

Beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan perut kembung. Makanan tersebut memiliki dampak meningkatkan produksi gas di dalam tubuh sehingga membuat perut menjadi kembung. Makanan-makanan tersebut antara lain kacang polong, brokoli, kubis, apel, plum, dan beberapa makanan yang mengandung gula buah.

Cara Mencegah Perut Kembung

  1. Makan dan minum perlahan

Mengonsumsi makanan terlalu buru-buru dapat menimbulkan perut menjadi kembung. Oleh karena itu, makanlah dengan perlahan. Selain bisa mencegah perut kembung, makan dengan perlahan juga bisa menghindari risiko tersedak.

  1. Tidak mengonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gas yang cukup tinggi. Hal ini bisa menyebabkan perut kembung. Sebaiknya hindari minum minuman bersoda, apalagi setelah makan.

  1. Rutin berolahraga

Cara paling ampuh agar tidak mengalami perut kembung adalah dengan rutin berolahraga. Berolahraga memang merupakan aktivitas yang mampu mencegah banyak penyakit karena tubuh menjadi lebih sehat dan sistem imun menjadi kuat. Sempatkan minimal satu kali dalam seminggu untuk berolahraga, baik itu olahraga berupa lari atau sekadar berjalan kaki.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai gangguan perut kembung. Meski terlihat remeh, namun perut kembung akan sangat mengganggu jika menyerang dalam keadaan penting, seperti ketika sedang bekerja dan harus berinteraksi dengan orang dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, mencegah adalah cara terbaik yang bisa dilakukan.