Colocation Server dan Beragam Jenis Layanan Data Center Lainnya

Colocation Server dan Beragam Jenis Layanan Data Center Lainnya

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan sistem IT mereka, menggunakan layanan data center adalah hal yang cukup penting. Data center sendiri nantinya memiliki beragam layanan yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dari perusahaan, salah satunya adalah colocation server.

Nah, pertanyaan yang sering muncul adalah apa sebenarnya yang disebut dengan data center tersebut?

Dalam pengertian sederhana, data center –yang disebut juga sebagai pusat data, adalah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan beragam sistem komputer serta elemen lainnya yang berkaitan dengan komunikasi data, penyimpanan data, dan lainnya. Tentu saja, ada beragam manfaat yang akan didapatkan, terutama tentang keamanan data.

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa layanan yang tersedia berkaitan dengan data center tersebut. Apa saja layanan yang dimaksud? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Layanan Data Center

Adanya beberapa layanan data center tentu bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih mana layanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa layanan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dedicated server

Dedicated server adalah layanan hosting yang disediakan agar tidak bercampur dengan pengguna yang lain. Dengan hosting tersendiri, maka keamanan, kecepatan dan juga kestabilan akses data akan cenderung lebih terjaga. Selain itu, kapasitas penyimpanan data pun akan cenderung lebih maksimal.

  • Managed service

Layanan lain yang tersedia adalah managed service. Seperti namanya, layanan ini adalah fasilitas manajemen perangkat jaringan, penyimpanan cadangan yang terjadwal, konfigurasi cloud server dan lainnya yang disediakan dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan.

Dengan adanya layanan ini, maka manajemen sistem perusahaan akan cenderung lebih baik. Tidak hanya itu, keamanan data dan jaringan akses akan lebih terjaga. Layanan ini umumnya dipilih untuk memberikan dukungan pada team IT yang sudah dimiliki oleh perusahaan.

  • Colocation server

Bisa dikatakan jika colocation server adalah salah satu layanan data center yang lebih banyak dipilih oleh perusahaan. Layanan ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh penyedia bagi perusahaan untuk menitipkan server mereka secara fisik. Tidak hanya menitipkan server, penyedia layanan juga akan memberikan fasilitas pengurusan.

Meskipun tampak sederhana, layanan ini memberikan cukup banyak manfaat. Perusahaan tentu tidak perlu menyediakan tempat tersendiri untuk menyimpan server serta menyiapkan beragam perangkat yang diperlukan, termasuk power supply untuk menghindari lack access saat pemadaman listrik.

Beragam layanan di atas bisa menjadi pertimbangan Anda guna meningkatkan sistem IT perusahaan. Nah, jika Anda berminat untuk menggunakan layanan colocation server atau lainnya, Anda bisa mengklik laman www.neucentrix.co.id dan mendapatkan tawaran menarik mereka.