Ciri Khas yang Dimiliki oleh Rumah Minimalis

Ciri Khas yang Dimiliki oleh Rumah Minimalis

Saat ini, tidak jarang ditemui rumah minimalis. Rumah jenis ini lebih mengedepankan konsep sederhana atau simpilcity. Dengan desain yang sederhana tersebut, rumah tersebut lebih berorientasi pada fungsi dan kebutuhan dasar bagi penghuni rumah.

Dengan menjamurnya rumah berjenis minimalis, terutama di daerah kota-kota besar membuat sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ciri-ciri khas yang hanya dimiliki oleh rumah jenis minimalis. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Arsitektur yang Sederhana dengan Bentuk Geometris Tanpa Dekorasi

Ciri paling menonjol dari sebuah bangunan adalah arsitektur atau bentuk bangunannya. Arsitektur rumah minimalis memiliki bentuk yang sederhana. Rumah minimalis biasanya hanya berbentuk kubus atau persegi panjang jika dilihat dari luar.

Bahkan atapnya saja tidak menggunakan atap segitiga tetapi menggunakan atap yang datar. Rumah ini juga jarang dilengkapi dengan berbagai desain atau detail yang rumit. Hanya arsitektur sederhana namun terlihat berkelas.

  1. Material Bangunan yang Digunakan Sederhana

Selain arsitektur yang sederhana, material bangunan yang digunakan pun juga sederhana dan mudah ditemukan. Biasanya, dindingnya menggunakan material batu bata, kemudian untuk lantai bisa menggunakan keramik atau kayu. Bahan seperti beton, baja, dan kaca juga sering digunakan pada rumah jenis ini.

Meskipun bahan yang digunakan sederhana, tidak mengurangi hasil akhir dari rumah ini. Teknik pembangunannya tidak sembarangan sehingga menghasilkan rumah yang terlihat berkelas dan menarik minat banyak orang.

  1. Memiliki Banyak Ruang Terbuka dengan Pembatas Ruang atau Sekat yang Minim

Desain rumah minimalis yang utama adalah dengan banyaknya ruang terbuka. Seperti yang sudah dibilang bahwa rumah jenis ini lebih mengedepankan fungsi, sehingga desain yang digunakan efektif dan efisien. Ruang terbuka tanpa adanya pembatas antar ruang mampu meninggalkan kesan bahwa rumah menjadi terasa lebih luas.

Selain itu, karena berorientasi pada fungsi maka ruang terbuka tersebut akan diberi berbagai furnitur dengan jumlah secukupnya dan seperlunya. Sehingga tanpa ada pembatas ruang dan furnitur yang tidak terlalu banyak, ruangan akan terlihat lebih luas meski lahan sempit.

Meskipun demikian, untuk ruang yang bersifat pribadi tentu tetap dilengkapi dinding pembatas ruang, misalnya kamar tidur. Pencahayaan pada rumah minimalis juga bisa lebih maksimal karena biasanya digunakan jendela berukuran besar sehingga cahaya matahari dapat masuk secara maksimal.

  1. Warna Hitam, Putih, atau Abu-Abu yang Mendominasi

Ciri khas pada rumah berjenis minimalis yang bisa dilihat lainnya adalah pada pemilihan warna. Rumah ini biasanya menggunakan tiga warna dominan yaitu hitam, putih, atau abu-abu. Ketiga warna tersebut digunakan pada lantai, dinding, dekorasi, hingga furnitur dan peralatan makan.

Ketiga warna tersebut dipilih karena merupakan warna yang netral dan dapat membuat rumah terlihat sederhana namun ada kesan elegan di dalamnya. Tetapi hal ini bukan berarti rumah hanya diberi tiga warna tersebut, tetapi bisa juga dilengkapi dengan warna-warna cerah lain pada dekorasi atau furnitur agar rumah tidak monoton.

  1. Dilengkapi juga dengan Taman Minimalis

Meskipun menempati lahan yang sempit dan terbatas, rumah minimalis biasanya juga dilengkapi dengan taman minimalis. Tanah yang dipersiapkan untuk dijadikan taman biasanya ditutup dengan rumput atau bebatuan agar rapi.

Kemudian mengenai tanamannya, biasanya dipilih tanaman hijau kecil hingga sedang atau tanaman rambat. Jarang sekali taman pada rumah yang berjenis minimalis menggunakan berbagai tanaman dengan bunga-bunga berwarna mencolok. Selain itu, biasanya juga ditambahkan model air mancur untuk dekorasi.