Cara Mencegah Bibir Hitam, Jangan Sampai Terlambat!

Cara Mencegah Bibir Hitam, Jangan Sampai Terlambat!

Cara mencegah bibir hitam ini sangat penting untuk diketahui. Agar bibir anda yang merah merona tetap merah atau tidak menjadi gelap nantinya.

Bibir yang merah alami dan sehat tentu dambaan semua orang. Selain memperindah senyum, bibir merah juga dapat memperindah penampilan.

Hal itu yang membuat mereka rela melakukan segala cara agar bibir tetap merah atau tidak berubah menjadi hitam. Maka sebelum terlambat, kenali cara-cara agar bibir anda tetap merah alami.

Cara Mencegah Bibir Hitam agar Bibir Anda Tetap Merah Alami

Kulit bibir adalah bagian kulit wajah yang sangat sensitif. Hal ini terjadi karena bibir terdiri dari lapisan tipis dan banyak ujung saraf serta tidak mempunyai kelenjar keringat.

Beberapa kondisi tertentu dapat mempengaruhi warna bibir. Maka sebelum terlambat, simak cara pencegahannya di bawah ini.

Hindari Paparan Sinar Matahari yang Terlalu Sering

Ini merupakan salah satu cara agar bibir tetap merah dan juga sehat. Sinar UV dari yang diperoleh dari pancaran matahari bisa menjadi pemicu pigmentasi yang terjadi pada kulit bibir.

Dengan demikian, pakai topi ketika pergi ke luar ruangan. Bisa juga pakai lip balm yang memiliki kandungan SPF. Karena SPF pada lip balm dapat melindungi anda dari sinar UV yang jahat.

Stop Merokok

Merokok tidak hanya membahayakan paru-paru, bibir juga bisa terkena imbasnya. Asap rokok dapat membuat kulit bibir cepat kehilangan kelembaban sehingga lebih mudah dehidrasi.

Filter rokok yang mengandung bahan kimia juga bisa menyebabkan munculnya bercak hitam di bagian bibir. Maka patuhi cara mencegah bibir hitam satu ini dengan berhenti merokok.

Jangan Biarkan Bibir Kering

Bibir yang kering akan menjadi penyebab bercak kusam di bagian lapisan merah bibir. Saat bibir terasa kering segera oleskan lip balm. Jangan malah membasahi bibir dengan air liur karena justru akan membuat bibir makin kering.

Selain itu, cukupi kebutuhan air agar terhindar dari dehidrasi. Jangan lupa perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung air agar bibir tetap sehat.

Seleksi Kosmetik yang akan Anda Gunakan

Berbagai kosmetik kecantikan dengan kualitas yang rendah biasanya diproduksi menggunakan bahan berbahaya. Pastinya juga tidak ramah bagi bibir. Penggunaan yang terus menerus dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir.

Apalagi, kosmetik seperti lipstik sering digunakan oleh kaum wanita. Maka pakailah kosmetik yang sudah teruji kualitasnya dan baik untuk bibir.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kopi atau teh merupakan minuman yang mengandung kafein. Minuman ini mungkin sangat sulit dihindari, karena sering dijadikan pelengkap sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

Cara mencegah bibir hitam satu ini mengharuskan anda untuk tidak mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan akan memicu perubahan warna pada bibir.

Apabila bibir anda sudah terlanjur menghitam, tidak perlu bingung atau merasa khawatir. Banyak cara menghilangkan bibir hitam dan membuatnya merah alami kembali.

Jika hanya ingin menutupinya saja, anda bisa menggunakan lipstik. Tetapi, terdapat perawatan alami untuk mengembalikan warna alami bibir anda.

Seperti menggosokkan jeruk nipis yang sudah dibelah pada bibir anda. Jika tidak mau merasakan asamnya jeruk nipis, anda bisa menggosokkan campuran madu dan gula pada bibir.

Selain itu, bahan yang mudah ditemukan di dapur seperti kunyit juga bisa menghilangkan bibir hitam. Hanya dengan cara menumbuk halus kunyit lalu mengoleskannya pada bibir.

Bagi anda pecinta buah-buahan seperti avocado, stroberi, delima, dan raspberry. Buah-buah tersebut bisa mengembalikan warna bibir karena mengandung nutrisi dan vitamin yang mengatasi permasalahan bibir.

Itulah informasi mengenai cara mencegah bibir hitam. Jika sudah terlanjur, terdapat beberapa cara mengatasinya. Semoga bibir merah anda tetap terjaga kealamiannya dan kesehatannya.