Apa Saja Penyebab Kista Payudara

Apa Saja Penyebab Kista Payudara

Sebagian dari perempuan mungkin sudah tahu apa itu kista payudara. Kista ini merupakan hal yang hanya menyerang orang dengan gender wanita saja, wanita yang sudah melewati masa pubertasnya atau sudah lanjut usia memiliki potensi tinggi untuk terkena kista ini. Sebelum membahas tentang penyebab kista payudara, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang kista payudara itu. Apa itu kista payudara? Dilansir dari alodokter.com kista payudara adalah benjolan berbentuk bulat atau lonjong yang berisi cairan dan tumbuh pada jaringan payudara. Benjolan ini tidak mengandung sel kanker atau sifatnya adalah jinak. Menurut doktersehat.com kista payudara adalah bentuk reaksi dari naik turunnya aliran hormon dari bulan ke bulan, tahun ke tahun hingga tumbuh jaringan berserat mirip bekas luka yang mengikat cairan tubuh. Tentunya penyakit ini memiliki gejalanya tersendiri, bukan? Untuk gejala kista payudara ini adalah kemunculan benjolan yang terasa pada payudara. Benjolan kista payudara ini memiliki karakteristik seperti berbentuk bulat atau lonjong dan terasa mudah digoyangkan. Benjolan tampak makin besar menjelang menstruasi dan akan kembali mengecil pasca menstruasi. Area benjolan juga akan terasa lembek saat ditekan. Benjolan yang muncul bisa satu atau lebih di bawah kulit payudara. Kista payudara juga dapat mengakibatkan payudara terasa nyeri dan keluarnya cairan berwarna jernih, kuning atau kecokelatan dari puting susu.

Lalu apa penyebab kista payudara ini? Menurut hellosehat.com payudara wanita tersusun atas kelenjar penghasil susu (lobulus) dan saluran atau tabung yang membawa susu ke puting. Kelenjar susu ini dikelilingi oleh jaringan pendukung yang berserat dan berlemak. Ketika kelenjar susu penuh dengan cairan, kista dapat terbentuk dan muncul secara alami seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita. Dilansir dari alodokter.com belum dapat diketahui penyebab pasti dari kista payudara. Diduga bahwa kista ini tumbuh akibat adanya cairan yang terkumpul di dalam kelenjar payudara. Kista juga dapat muncul secara alami seiring dengan perubahan payudara karena bertambahnya usia, oleh karena itu kista sering di derita oleh wanita dewasa dan lanjut usia. Selama siklus menstruasi, perubahan hormon estrogen memicu produksi cairan di payudara. Jadi, akumulasi cairan berlebih ini menjadi penyebab kista payudara.

Kapan kista bisa muncul? Kista payudara biasa muncul di usia berapa pun, namun umumnya pada wanita di atas usia tiga puluh lima tahun. setelah menopause, kista biasanya akan berhenti terbentuk. Hal ini dapat terjadi karena kadar estrogen mulau menurun sehingga tidak memicu munculnya cairan berlebih di payudara.

Bagaimana cara mengobatinya? Terdapat beberapa cara mengobati kista payudara seperti pengobatan di rumah dan pengobatan medis. Pengobatan di rumah dapat berupa mengenakan bra yang nyaman untuk mengurangi rasa sakit. Kamu juga dapat menghindari konsumsi kafein. Hal ini karena rasa nyeri di payudara dapat berkurang saat mereka tidak mengonsumsi kafein. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol dan mengompres payudara dengan air hangat atau air dingin juga dapat dilakukan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pengobatan dengan alami seperti mengonsumsi daun sirsak dan ekstrak kulit manggis. Dua bahan tersebut dapat membunuh sel-sel penyebab kista payudara sehingga tubuh terhindar dari penyakit.  Pengobatan medis dapat berupa terapi hormon yang hanya akan direkomendasikan bagi penderita kista dengan tingkat keparahan yang tinggi. Operasi  pengangkatan kista juga dapat dilakukan jika kista payudara hilang timbul selama berbulan-bulan.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini seperti gejala dan penyebab kista payudara dan cara mengobatinya.