5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Ibu Hamil yang Tak Terduga

5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Ibu Hamil yang Tak Terduga

Minyak zaitun memang umum digunakan sebagai campuran bahan makanan karena ditengarai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, siapa sangka, ternyata minyak zaitun juga punya segudang manfaat untuk ibu hamil karena kandungan vitamin B, E dan zinc yang tinggi. Nah, apa saja manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil itu?

  1. Menyamarkan Stretch Mark

Keberadaan stretch mark memang sangat mengganggu penampilan. Stretch mark sendiri biasanya timbul karena peregangan kulit akibat bertambahnya berat badan dan pada ibu hamil biasanya ada di bagian perut, lengan atas, paha dan bokong. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun ternyata sangat ampuh untuk memudahkan masalah yang satu ini.

  1. Merawat Kulit Kering

Ketika hamil, salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah kulit yang kering. Hal ini sebenarnya wajar karena adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembap yang terbuat dari minyak zaitun secara rutin. Dengan begitu, ibu hamil akan terbebas dari masalah kulit kering.

  1. Meringankan Kaki Kram

Manfaat lain dari minyak zaitun yang bisa dirasakan ibu hamil adalah bisa menghilangkan kram pada kaki. Kram pada kaki ibu hamil juga sebenarnya hal yang wajar. Itu terjadi karena kenaikan berat badan. Hal ini memicu terjadinya tekanan pada pembuluh darah.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang mampu meringankan kram pada kaki, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai minyak gosok. Cukup campurkan 6 sendok teh minyak zaitun dengan 15 tetes minyak esensial seperti minyak lavender atau chamomile dan oleskan ke kaki yang kram.

  1. Membantu Mempermudah Kelahiran

Ketika mendekati masa persalinan, mengonsumsi makanan yang mengandung minyak zaitun juga baik karena ia bisa membantu melancarkan proses persalinan. Itu dikarenakan kandungan vitamin K yang ada di dalamnya. Vitamin ini akan membantu mempermudah proses koagulasi darah ibu hamil sehingga mempermudah persalinan.

Tak hanya vitamin K saja yang berperan dalam hal ini. Kandungan vitamin C yang ada di dalam minyak zaitun juga membantu. Vitamin C membantu menjaga sirkulasi darah dan memasok oksigen ke otak dan organ lain sehingga baik untuk kelahiran yang sehat.

  1. Mencegah Infeksi

Selain itu, minyak zaitun juga bisa membantu mencegah terjadinya infeksi ketika melahirkan. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam minyak zaitun bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil sehingga tak mudah terserang infeksi. Jadi, Anda bisa lebih sehat dengan ini.

Itulah beragam manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi atau menggunakan minyak zaitun bagi ibu hamil. Tak hanya itu saja sebenarnya manfaat minyak zaitun. Sebenarnya, minyak ini juga bantu perkembangan janin serta kesehatan jantungnya karena minyak zaitun mengandung Omega 3 meski jumlahnya terbatas alias tak sebanyak Omega 3 pada ikan.